Rabu, 11 Februari 2015

TES PENGKURAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK

TEST PENGUKURAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK

I.
 Beri tanda x pada B bila jawaban benar dan S bila jawaban salah !
1. B – S Peletak dasar moral paedogenik, yang mencandra pendidikan sebagai upaya mengembangkan daya pikir anak menuju kesempurnaan kesusilaan merupakan sejarah perkembangan anak yang dinyatakan oleh Sokrates.
2. B – S Pertumbuhan sefalokaudal dimulai arah kepala menuju kaki.
3. B – S Pertumbuhan otak merupakan bagian dari pertumbuhan anak yang berjalan lambat sampai umur 2 tahun.
4. B – S Refleks bayi 1-4 bulan apabila didirikan, kaki akan menyentuh tanah seakan mau melangkah
5. B – S Skor agar 2 apabila denyut jantung dibawah 100, badan merah semua, tonus otot lemah, pernafasan lemah/tak teratur, kepekaan hidung tak ada respon.
6. B – S Alat-alat tubuh yang berada didaerah sumbu, misalnya jantung, alat-alat nafas dan alat-alat cerna, tumbuh lebih dulu dan lebih pesat dari pada alat-alat yang ada di daerah tepi seperti anggota gerak badan.
7. B – S Fase pertumbuhan cepat terjadi pada awal pertumbuhan, berupa hasil enzimatik awal dan perubahan faal dalams sel
8. B – S Super ego merupakan bagian proses kejiwaan yang memiliki proses realitas
9. B – S Bandura mengembangkan teori belajar sosial sebagai sanggahan terhadap teori belajar adri skinner.
10. B – S Quintilianus menekankan pentingnya pendidikan komunikasi, dengan persyaratan bahwa orang-orang terdidik ialah para orator yang baik.
11. B – Piaget menyatakan bahwa
ego merupakan sumber utama perkembangan anak, dalam interaksinya terhadap lingkungan.
12. B – S Perubahan bertahap melalui periode vaksinasi, untuk mencapai kemampuan penanganan konsep, seperti konservasi, dll merupakan tahap operasional-kongkrit
13. B – S Skala mengukur perkembangan anak mulai umur 2 sampai 30 bulan, berupa skala mental, skala motor, dan catatan perilaku bayi berdasarkan skala perkembangan Gessell
14. B – S Tugas perkembangan anak menurut BKB untuk anak usia 7 bulan, anak bisa duduk sendiri tanpa dibantu
15. B – S Anak usia 0 – 3 tahun perkembangan fisiknya cepat, bisa duduk dan merangkak, mulai belajar berjalan dan berlari

II. Pilihlah jawaban yang paling benar !
1.     Pertumbuhan bersama-sama dalam diferensiasi dan morfogenesis, merupakan tiga aspek utama dari perkembangan yang kesemuanya menjurus pada keadaan yang disebut kematangan, teori ini dinyatakan oleh ……………
a.     Hurlock c. Piaget
b.     Hurley d. Freud
2.     Dibawah ini terdapat tiga fase pertumbuhan anak, kecuali……………
a.     Fase pertumbuhan lambat           c. Fase stasioner
b.     Fase pertumbuhan eksponensial d. Fase pertumbuhan seluler
3.     Sejarah perkembangan anak sebagai disiplin ilmu pada kebudayaan Romawi dikemukakan oleh :
a. Sokrates c. Plutarchus
b.Plato        d. Agustinus
3.     Salah satu ciri perkembang fisik anak usia 0-3 tahun adalah …………….
a. Memegang dan melepas benda/objek
b. Melompat dengan satu kaki
c. Menangkap bola dengan tangan
d. Berjalan berjinjit dan berdiri dengan jinjit
5. Dimensi perkembangan anak terdiri dari perkembangan............., kecuali
a. Mental c. Sosial
b. Fisik d. Psikomotor
6. Teori perkembangkan anak yang diteliti Pavlov adalah
a. Teori perkembangan kognitif
b. Teori belajar
c. Teori belajar sosial
d. Teori etologi
7. Pengukuran perkembangan tingkat intelektual umum salah satunya menggunakan.........................
a. Skala Piaget c. Skala Bayley
b. Skala Gesell d. Skala Brazelton
8. Tugas perkembangan anak umur 4 bulan adalah........................
a. Menegakkan kepala c. Mengeluarkan 3 suaar benda
b. Miring sendiri d. Membalas senyuman orang lain
9. Tugas perkembangan anak umur 2 tahun adalah.....................
a.     Menyebut nama 3 benda dengan gunanya
b.     Menjawap pertanyaan (sedang apa ?)
c.      Menggambar garis lurus secara benar
d.     Menendang bola tanpa berpegangan
10.                        Bagai mana pesan perkembangan untuk anak berusia 7 bulan………….
a.     Ajari anak meraih barang dihadapnya
b.     Bermainlah sembunyikan benda di depan bayi
c.      Ajari bayi menggunakan ibu jari tangan
d.     Dudukan bayi dijaga
III. Jelaskan soal di bawah ini !
1. Sefalokaudal adalah…………………………………………………………
2. Proximodistal adalah..………………………………………………………
3. Hyperplasia adalah…………………………………………………………..
4. Hypertrophy adalah………………………………………………………….
5. Pertumbuhan anak menurut Hurlock ………………………………………..
6. Teori Deprivasi Pertumbuhan (Deprivation Theory of Growth)…………….
7. Teori perkembangan kognitif menurut Piaget…………………………….….
8. Ego adalah ……………………………………………………………………
9. Libido adalah…………………………………………………………………
10. Id adalah………………………………………………………………………
IV. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
            Pertumbuhan ………………….. (1) pada hakekatnya merupakan penjumlahan pertumbuhan sel-sel. Pertumbuhan tersebut terbagi dua,yaitu …………….….(2) dan ……….………(3) Selain pertumbuhan sel, pertumbuhan ……………. (4) berkaitan dengan ……………..(5), dimana jaringan otak bersama dengan ……………….(6) Merupakan jaringan yang lebih dulu berhenti …………….. (7)
Teori ……………………………………….(8) menyebutkan bahwa fungsi utama mekanisme genetik ialah untuk menyediakan ruangan potensi pertumbuhan, dan menurut teori……………………………….………(9) faktor genetik mengatur potensi pertumbuhan maksimal individu. Sedangkan teori ……………………. (10) mengembangkan teori kepribadian sebagai bagian penting dari keseluruhan perkembangan prilaku manusia. Dalam teori tersebut dinyatakan bahwa ……………………… (11) tidak lain adalah ………………………….(12), yang terbagi 2, yaitu………………………..(13) dan ………………………..(14)
Tahap perkembangan anak usia ………………………. (15)Menurut piaget adalah tahap pra operasional, yang terbagi 2, yaitu ………….…… (16) dan………………………….. (17) Sedangkan tahap ……………………… (18) untuk anak 0-2 tahun. Anak usia …………………………….(19) dalam perkembangan fisiknya sudah mampu berlari dan anak usia ………………….... (20) sudah mampu melompat dengan satu kaki.
V. Essay
Pilih 5 dari 7 soal yang tersedia, nomor 1 wajib dikerjakan
1. Sebutkan dan jelaskan tahapan perkembangan anak menurut Piaget ?
2. Bagaimana perkembangan sosial anak umur 3-4 tahun ?
3. Sebutkan dan jelaskan garis besar kepribadian manusia ?
4. Sebutkan tahapan perkembangan menurut Erikson ?
5. Sebutkan prinsip dasar perkembangan anak ?
6. Bagaimana pengukuran perkembangan anak berdasarkan skala perilaku neonatus Brazelton (BNBS) ?
7. Bagaimana sejarah perkembangan anak pada zaman kebudayaan Yunani?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar