TEST PENGUKURAN PERTUMBUHAN
DAN PERKEMBANGAN ANAK
I. Beri tanda x pada B bila jawaban benar dan S bila jawaban salah !
1. B – S Peletak dasar moral
paedogenik, yang mencandra pendidikan sebagai upaya mengembangkan daya pikir
anak menuju kesempurnaan kesusilaan merupakan sejarah perkembangan anak yang
dinyatakan oleh Sokrates.
2. B – S Pertumbuhan sefalokaudal
dimulai arah kepala menuju kaki.
3. B – S Pertumbuhan otak merupakan
bagian dari pertumbuhan anak yang berjalan lambat sampai umur 2 tahun.
4. B – S Refleks bayi 1-4 bulan
apabila didirikan, kaki akan menyentuh tanah seakan mau melangkah
5. B – S Skor agar 2 apabila denyut
jantung dibawah 100, badan merah semua, tonus otot lemah, pernafasan lemah/tak
teratur, kepekaan hidung tak ada respon.
6. B – S Alat-alat tubuh yang
berada didaerah sumbu, misalnya jantung, alat-alat nafas dan alat-alat cerna,
tumbuh lebih dulu dan lebih pesat dari pada alat-alat yang ada di daerah tepi
seperti anggota gerak badan.
7. B – S Fase pertumbuhan cepat
terjadi pada awal pertumbuhan, berupa hasil enzimatik awal dan perubahan faal
dalams sel
8. B – S Super ego merupakan bagian
proses kejiwaan yang memiliki proses realitas
9. B – S Bandura mengembangkan
teori belajar sosial sebagai sanggahan terhadap teori belajar adri skinner.
10. B –
S Quintilianus menekankan pentingnya pendidikan komunikasi, dengan
persyaratan bahwa orang-orang terdidik ialah para orator yang baik.
11. B – S Piaget menyatakan bahwa
ego merupakan sumber
utama perkembangan anak, dalam interaksinya terhadap lingkungan.
12. B –
S Perubahan bertahap melalui periode vaksinasi, untuk mencapai kemampuan
penanganan konsep, seperti konservasi, dll merupakan tahap operasional-kongkrit
13. B
– S Skala mengukur perkembangan anak mulai umur 2 sampai 30
bulan, berupa skala mental, skala motor, dan catatan perilaku bayi berdasarkan
skala perkembangan Gessell
14. B –
S Tugas perkembangan anak menurut BKB untuk anak usia 7 bulan, anak bisa
duduk sendiri tanpa dibantu
15. B –
S Anak usia 0 – 3 tahun perkembangan fisiknya cepat, bisa duduk dan
merangkak, mulai belajar berjalan dan berlari
II. Pilihlah jawaban yang paling benar !
1. Pertumbuhan bersama-sama dalam diferensiasi dan
morfogenesis, merupakan tiga aspek utama dari perkembangan yang kesemuanya
menjurus pada keadaan yang disebut kematangan, teori ini dinyatakan oleh ……………
a. Hurlock c.
Piaget
b. Hurley d.
Freud
2. Dibawah
ini terdapat tiga fase pertumbuhan anak, kecuali……………
a. Fase pertumbuhan lambat c.
Fase stasioner
b. Fase pertumbuhan eksponensial d.
Fase pertumbuhan seluler
3. Sejarah perkembangan anak sebagai disiplin ilmu pada
kebudayaan Romawi dikemukakan oleh :
a. Sokrates c. Plutarchus
b.Plato d.
Agustinus
3. Salah satu ciri perkembang fisik anak usia 0-3 tahun
adalah …………….
a.
Memegang dan melepas benda/objek
b.
Melompat dengan satu kaki
c.
Menangkap bola dengan tangan
d.
Berjalan berjinjit dan berdiri dengan jinjit
5. Dimensi perkembangan anak terdiri dari perkembangan.............,
kecuali
a.
Mental c. Sosial
b.
Fisik d. Psikomotor
6. Teori perkembangkan anak yang diteliti Pavlov adalah
a. Teori perkembangan kognitif
b. Teori belajar
c. Teori belajar sosial
d. Teori etologi
7. Pengukuran perkembangan tingkat intelektual umum salah
satunya menggunakan.........................
a. Skala Piaget c. Skala Bayley
b. Skala Gesell d. Skala Brazelton
8. Tugas perkembangan anak umur 4 bulan
adalah........................
a. Menegakkan kepala c. Mengeluarkan 3 suaar benda
b. Miring sendiri d. Membalas senyuman orang lain
9. Tugas perkembangan anak umur 2 tahun
adalah.....................
a. Menyebut
nama 3 benda dengan gunanya
b. Menjawap
pertanyaan (sedang apa ?)
c. Menggambar
garis lurus secara benar
d. Menendang
bola tanpa berpegangan
10.
Bagai
mana pesan perkembangan untuk anak berusia 7 bulan………….
a. Ajari
anak meraih barang dihadapnya
b. Bermainlah sembunyikan benda di depan bayi
c. Ajari
bayi menggunakan ibu jari tangan
d. Dudukan
bayi dijaga
III. Jelaskan
soal di bawah ini !
1. Sefalokaudal
adalah…………………………………………………………
2. Proximodistal
adalah..………………………………………………………
3. Hyperplasia
adalah…………………………………………………………..
4. Hypertrophy
adalah………………………………………………………….
5. Pertumbuhan
anak menurut Hurlock ………………………………………..
6. Teori
Deprivasi Pertumbuhan (Deprivation Theory of Growth)…………….
7. Teori perkembangan kognitif menurut Piaget…………………………….….
8. Ego
adalah ……………………………………………………………………
9. Libido
adalah…………………………………………………………………
10. Id
adalah………………………………………………………………………
IV. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar
!
Pertumbuhan ………………….. (1) pada
hakekatnya merupakan penjumlahan pertumbuhan sel-sel. Pertumbuhan tersebut
terbagi dua,yaitu …………….….(2) dan ……….………(3) Selain pertumbuhan sel,
pertumbuhan ……………. (4) berkaitan dengan ……………..(5), dimana jaringan otak
bersama dengan ……………….(6) Merupakan jaringan yang lebih dulu berhenti …………….. (7)
Teori
……………………………………….(8) menyebutkan bahwa fungsi utama mekanisme genetik ialah
untuk menyediakan ruangan potensi pertumbuhan, dan menurut teori……………………………….………(9)
faktor genetik mengatur potensi pertumbuhan maksimal individu. Sedangkan
teori ……………………. (10) mengembangkan teori kepribadian sebagai bagian penting
dari keseluruhan perkembangan prilaku manusia. Dalam teori tersebut dinyatakan
bahwa ……………………… (11) tidak lain adalah ………………………….(12), yang terbagi 2,
yaitu………………………..(13) dan ………………………..(14)
Tahap
perkembangan anak usia ………………………. (15)Menurut piaget adalah tahap pra operasional, yang
terbagi 2, yaitu ………….…… (16) dan………………………….. (17)
Sedangkan tahap ……………………… (18) untuk anak 0-2 tahun. Anak usia …………………………….(19)
dalam perkembangan fisiknya sudah mampu berlari dan anak usia ………………….... (20) sudah mampu melompat dengan satu kaki.
V. Essay
Pilih
5 dari 7 soal yang tersedia, nomor 1 wajib dikerjakan
1. Sebutkan dan jelaskan tahapan perkembangan anak menurut
Piaget ?
2. Bagaimana
perkembangan sosial anak umur 3-4 tahun ?
3. Sebutkan dan jelaskan garis besar kepribadian manusia ?
4. Sebutkan
tahapan perkembangan menurut Erikson ?
5. Sebutkan prinsip dasar perkembangan anak ?
6. Bagaimana pengukuran perkembangan anak berdasarkan skala
perilaku neonatus Brazelton (BNBS) ?
7. Bagaimana sejarah perkembangan anak pada zaman kebudayaan
Yunani?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar